Belajar Membuat Tabel Dengan HTML

Senin, 09 Januari 2023

Belajar membuat tabel dengan Tag <table> yang merupakan tag HTML yang digunakan untuk membuat tabel pada sebuah halaman web. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang tag <table> beserta contoh penggunaannya.

Sumber foto: www.pexels.com (oleh Danny Meneses)

Penggunaan dasar tag <table>, Tag <table> digunakan untuk membuat sebuah tabel, dan tag ini biasanya terdiri dari beberapa elemen lain yang membantu menyusun tabel tersebut, seperti <tr> (table row) untuk membuat baris tabel, <td> (table data) untuk membuat sel tabel, dan <th> (table header) untuk membuat sel header tabel.

Berikut ini adalah contoh sederhana penggunaan tag <table> dan tag <table> ini di berikan border agar garis tabel muncul, Salin semua kode di bawah ini dan save dengan nama tabel.html (untuk menuliskan kode HTML ini dapat menggunakan notepad):


Selain elemen-elemen di atas, tag <table> juga memiliki beberapa atribut yang bisa kita gunakan untuk mengontrol tampilan tabel. Berikut ini adalah beberapa atribut yang sering digunakan pada tag <table>:

  • border: atribut ini digunakan untuk mengontrol ketebalan garis yang akan ditampilkan di sekitar tabel. Nilai yang bisa kita gunakan adalah bilangan bulat positif, seperti 1, 2, dan seterusnya.
  • cellpadding: atribut ini digunakan untuk mengontrol jarak (dalam pixel) antara isi sel tabel dengan batas-batas sel tersebut.
  • cellspacing: atribut ini digunakan untuk mengontrol jarak (dalam pixel) antara sel-sel tabel.
  • width: atribut ini digunakan untuk mengontrol lebar tabel (dalam pixel atau persen).
  • height: atribut ini digunakan untuk mengontrol tinggi tabel (dalam pixel).

Penggunaan tag <table> di atas akan menghasilkan tabel seperti berikut, Ketika halaman web ini dijalankan di browser web (untuk menjalankannya klik file tabel.html yang telah dibuat di atas), akan terlihat hasilnya seperti:

Anda Mungkin Menyukai Postingan Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar