Belajar Membuat Elemen Dengan HTML

Sabtu, 07 Januari 2023

Belajar membuat elemen dengan tag <div> adalah elemen HTML yang digunakan untuk membagi dokumen HTML menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan terstruktur. Elemen <div> bersifat blok, yang berarti ia memiliki lebar penuh dari elemen yang memuatnya dan selalu baru akan dimulai pada baris baru.

Sumber foto: www.needpix.com

Contoh penggunaan elemen <div> adalah sebagai berikut:

<div>
<p>Ini adalah paragraf pertama dari artikel.</p>
<p>Ini adalah paragraf kedua dari artikel.</p>
</div>


Elemen <div> dapat digunakan dengan atribut id atau class untuk memberikan identitas unik pada elemen tersebut, sehingga dapat diberi gaya dengan menggunakan CSS (Belum di bahas pada artikel kali ini). Elemen <div> juga dapat diberikan warna latar dengan menggunakan style. beserta lebar dan tinggi tag <div>.

Contoh penggunaan elemen <div> dengan atribut class adalah sebagai berikut, Salin semua kode di bawah ini dan save dengan nama element.html (untuk menuliskan kode HTML ini dapat menggunakan notepad):



Elemen <div> sering digunakan sebagai container untuk elemen lain, seperti paragraf, heading, dan tabel. Ketika halaman web ini dijalankan di browser web (untuk menjalankannya klik file element.html yang telah dibuat di atas), akan terlihat hasilnya seperti:

Anda Mungkin Menyukai Postingan Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar