Trik Mengambil Kode Karyawan Dengan Fungsi LEFT Di Microsoft Excel

Senin, 06 Februari 2023

Microsoft Excel adalah salah satu program spreadsheet yang populer dan digunakan secara luas di berbagai bidang, termasuk manajemen sumber daya manusia. Salah satu tugas yang umum dilakukan dalam Excel adalah mengambil 3 kode awal karyawan dalam perusahaan dari data yang tersimpan di dalamnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah detail tentang cara mengambil 3 kode awal karyawan di Excel.

Sumber foto: wikimedia.org


Langkah 1: Buka File Excel
Pertama-tama, buka file Excel yang berisi data pegawai. Anda dapat melakukannya dengan mengklik dua kali ikon file Excel atau membuka Excel dan memilih "File" dan "Buka" dari menu navigasi.

Langkah 2: Identifikasi Kolom dengan Kode Karyawan
Setelah membuka file Excel, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi kolom yang mengandung kode karyawan. Biasanya, data karyawan disimpan dalam kolom yang ditandai dengan judul seperti "Kode Karyawan". Pastikan Anda mengetahui nama atau label kolom yang sesuai dengan kode karyawan.
Gambar 1: Kolom Data Karyawan (Sumber: Dokumen Pribadi)


Langkah 3: Tentukan Rentang Data
Setelah mengidentifikasi kolom yang tepat, tentukan rentang data yang akan Anda gunakan untuk mengambil 3 kode awal karyawan. Rentang data ini bisa mencakup satu kolom atau beberapa kolom, tergantung pada bagaimana data tersusun di file Excel Anda.

Langkah 4: Menggunakan Fungsi LEFT
Dalam langkah ini, kita akan menggunakan fungsi LEFT di Excel untuk mengambil 3 kode awal karyawan dari setiap entri dalam kolom kode karyawan. Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter awal dari sebuah teks.

Contoh sintaks: =LEFT(teks, jumlah_karakter)

Misalnya, jika kode karyawan disimpan dalam kolom A, dan Anda ingin mengambil 3 kode awal pegawai, Anda dapat menggunakan rumus berikut: =LEFT(A2, 3)

Gambar 2: Penggunaan Fungsi LEFT (Sumber: Dokumen Pribadi)


Langkah 5: Terapkan Rumus ke Seluruh Data
Setelah Anda membuat rumus untuk mengambil 3 kode awal karyawan dari sel pertama, Anda perlu menerapkannya ke seluruh rentang data yang Anda tentukan sebelumnya.

Caranya adalah dengan menyorot sel pertama yang berisi rumus, kemudian salin rumus tersebut (Ctrl+C atau klik kanan dan pilih Salin). Setelah itu, sorot seluruh rentang data yang ingin Anda isi dengan kode awal, kemudian klik kanan dan pilih "Tempel" atau tekan Ctrl+V.

Rumus akan disalin ke seluruh rentang data, dan Excel akan secara otomatis menggantikan referensi sel dengan yang sesuai dalam rentang data.

Langkah 6: Periksa Hasilnya
Setelah menyalin rumus ke seluruh rentang data, periksa hasilnya untuk memastikan bahwa 3 kode awal karyawan telah berhasil diambil. Pastikan kode-kode tersebut sesuai dengan yang Anda harapkan.

Gambar 3: Hasil Kode Karyawan (Sumber: Dokumen Pribadi)


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil 3 kode awal karyawan dari file Excel. Menggunakan fungsi LEFT merupakan salah satu cara yang cepat dan efektif untuk memanipulasi teks dalam Excel.
Anda Mungkin Menyukai Postingan Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar